Permainan: Gembala dan Domba-dombanya

Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Persiapan:

  1. Sebuah sapu tangan.
  2. Jumlah peserta tidak terbatas.
  3. Permainan dapat diadakan di dalam atau di luar ruangan.
  4. Seorang dari peserta ditunjuk sebagai pemimpin permainan.

Cara bermain:
Seorang dari antara para peserta dipilih (atau siapa saja yang rela) untuk menjadi "gembala" dan kemudian diminta maju ke depan. Lalu matanya ditutup dengan sapu tangan. Semua peserta yang lain diumpamakan dengan "domba" dan mereka berjongkok di tempat yang berbeda-beda, tetapi jangan terlalu berjauhan.

Pada waktu pemimpin permainan memberi aba-aba kepada gembala untuk mecari "domba-dombanya", ia harus meraba-raba setiap domba. Domba yang tersentuh harus mengembik, tetapi suaranya boleh dibuat-buat sehingga gembala tidak dapat menebak suara siapa itu.

Tugas seorang gembala ialah berusaha mengenali suara itu. Bila ia tidak dapat menyebutkan nama "domba" tersebut, ia harus mencari lagi "domba-domba" yang lain sampai ia dapat menyebutkan dengan benar nama "domba" yang disentuhnya. Orang yang disebutkan namanya harus menjadi gembala untuk menggantikannya.

Tujuan:
Mengingatkan kita bahwa gembala yang baik mengenal domba-dombanya, seperti halnya Tuhan Yesus, gembala kita yang baik, mengenal kita, domba-domba-Nya (Yohanes 10:14).

Kategori Bahan PEPAK: Aktivitas dan Ketrampilan Anak

Sumber
Judul Buku: 
100 Permainan dan 500 Kuis Alkitab
Pengarang: 
Dr. Mary Go Setiawani dan Rachmiati
Halaman: 
31 - 32
Penerbit: 
Yayasan Kalam Hidup
Kota: 
Bandung
Tahun: 
1994