Buah yang Baik


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Sebagai orang yang sudah diselamatkan tentu saja kita harus menghasilkan buah-buah sebagai hasil dari pertobatan kita. Bahan mengajar berikut ini dapat menjadi satu cara yang sederhana untuk mendorong anak-anak SM Anda menghasilkan buah-buah rohani dalam kehidupan baru mereka.

BUAH YANG BAIK


"Wah, bagus sekali pohon apel itu!" kata Krista. "Buahnya lebat dan warnanya pun merah!"

Ayah tersenyum mendengar perkataan Krista. "Apel yang baik berasal dari pohon apel yang baik," kata ayah, "tetapi lihatlah pohon apel yang di sebelah sana."

Krista melihat kepada pohon apel itu. Pohon itu bukanlah pohon yang baik. Cabang-cabangnya banyak yang patah. Beberapa di antaranya ada yang bergelantungan, dan daun-daunnya pun tampak layu.

"Apel seperti apakah yang kamu lihat pada pohon itu?" tanya ayah kepada Krista.

Renungan Singkat tentang Buah yang Baik:
  1. Apel-apel yang bagaimanakah yang tergantung pada pohon yang baik itu? Menurut kamu, apel-apel yang bagaimanakah yang dilihat Krista pada pohon yang tidak baik?
  2. Mengapa pohon yang tidak baik itu tidak dapat menghasilkan buah yang baik? Dapatkah kamu mengharapkan hal-hal yang baik dari seorang yang jahat? Mengapa tidak?
"Pohon yang baik biasanya menghasilkan buah yang baik," kata ayah kepada Krista. "Dan pohon yang jelek biasanya menghasilkan buah yang jelek pula. Pohon yang tidak baik jarang menghasilkan buah yang baik."

"Apakah hal itu sama dengan manusia?" tanya Krista.

"Itulah yang dikatakan Tuhan Yesus," kata ayah kepada Krista. "Pada saat kamu menerima Tuhan Yesus sebagai Juruselamatmu, hidupmu diubah menjadi seperti sebuah pohon yang baik, yaitu pohon milik Tuhan Yesus. Jika hidupmu seperti pohon milik Tuhan Yesus, maka pohon itu pasti akan menghasilkan buah-buah yang baik."

"Ayah, saya ingin hidup saya seperti pohon milik Tuhan Yesus," kata Krista.

Renungan Singkat tentang Tuhan Yesus dan Kamu:
  1. Sudahkah kamu meminta Tuhan Yesus masuk ke dalam hidupmu? Kalau sudah, hidupmu dapat seperti pohon yang indah bagi-Nya. Kalau belum, maukah kamu melakukannya sekarang juga?
  2. Buah yang bagaimanakah yang dapat kamu berikan kepada Tuhan Yesus?
Bacaan Alkitab:
Matius 7:16-20

Kebenaran Alkitab:
Pohon yang baik menghasilkan buah yang baik dan pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik pula (Matius 7:17).

Doa:
Tuhan, jadikanlah hidup saya seperti pohon yang buahnya baik, supaya saya dapat memberikan buah-Mu yang baik kepada orang lain. Amin.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
100 Renungan Singkat untuk Anak-anak
Pengarang: 
V. Gilbert Beers
Halaman: 
24 - 25
Penerbit: 
Yayasan Kalam Hidup
Kota: 
Bandung

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK

Komentar