Mengapa Anda Membutuhkan Sekolah Minggu?

Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Kategori Bahan PEPAK: Penginjilan Anak - Misi Anak

Saya tidak sepenuhnya yakin mengapa, tetapi tampaknya di mana pun saya melihat, gereja telah meninggalkan Sekolah Minggu bagi jemaat dewasa. Mungkin ada beberapa alasan yang masuk akal untuk ini, tetapi saya berpendapat bahwa gereja-gereja seperti itu berada dalam bahaya membuang alat utama untuk melatih anggota gereja menjadi murid Yesus yang lebih bijaksana dan lebih setia.

Jadi, dalam artikel ini saya akan menyajikan apologetika untuk sekolah Minggu. Saya akan mulai dengan beberapa refleksi tentang pengalaman pribadi.

PENGALAMAN DENGAN DAN TANPA SEKOLAH MINGGU

Selain berpartisipasi atau mengajar sekolah Minggu selama sekitar dua puluh tahun, saya memiliki dua pengalaman yang sangat penting.

Gambar: bersyukur

Yang pertama adalah di Evangelical Free Church di Sycamore, Illinois, yang saya hadiri segera setelah saya menjadi seorang Kristen pada masa kuliah. Pada masa itu, seorang pria tua yang merupakan mahasiswa seminari karier kedua mengajar kelas teologi di sekolah Minggu yang memiliki cakupan dan konten yang serupa dengan Teologi Sistematika Grudem. Sebagai seorang Kristen baru, saya selalu mendapati kembang api kebenaran yang meledak di pikiran dan hati saya setiap minggunya. Pertumbuhan awal saya di dalam Kristus sangat dibentuk dan dibantu oleh ajaran doktrin mingguan yang terpercaya itu.

Selanjutnya, gereja memiliki "sekolah Minggu setelah jam kebaktian gereja" yang berkembang pesat untuk mahasiswa. Mahasiswa akan berkumpul untuk makan siang setiap hari Minggu dan mendiskusikan buku teologi atau serial video (seperti Holiness of God karya R.C. Sproul) di rumah pasangan yang lebih tua. Dua puluh tahun lebih kemudian, saya masih ingat buku-buku yang kami baca pada masa itu dan pengaruhnya terhadap saya.

Pengalaman kedua dengan sekolah minggu yang layak disebutkan adalah tentang kurangnya sekolah Minggu. Selama studi pascasarjana saya di Skotlandia, saya memperhatikan bahwa banyak gereja tidak memiliki sekolah Minggu, dan tampaknya ada korelasi antara kurangnya sekolah Minggu bagi orang dewasa dan literasi alkitabiah yang umumnya lebih rendah di dalam jemaat.

Saya yakin ada faktor-faktor lain yang terlibat, dan bahwa ada banyak gereja di Inggris Raya yang menjadi teladan baik dalam literasi alkitabiah maupun pendidikan orang dewasa. Namun pengalaman itu melekat pada diri saya, dan hal itu memberi nilai baru pada sekolah Minggu.

SEBUAH APOLOGETIKA UNTUK SEKOLAH MINGGU

Ada tiga pilar dalam argumen saya untuk Sekolah Minggu: pertama, peran dasar pengetahuan dalam pemuridan; kedua, pembagian tugas antara berkhotbah dan mengajar; ketiga, potensi unik pengajaran sekolah Minggu dibandingkan dengan konteks lain.

1. Peran Dasar Pengetahuan dalam Pemuridan

Pertama, pengetahuan adalah landasan bagi pemuridan. Injil adalah sebuah pesan. Allah Tritunggal telah mengungkapkan diri-Nya kepada kita dalam sebuah buku. Dan Dia memanggil kita untuk mengasihi-Nya dengan segenap hati, jiwa, dan pikiran kita (Mat. 22:37).

Semua orang Kristen dipanggil untuk bertumbuh dalam pengenalan akan Allah sebagai sarana pertumbuhan dalam kesalehan. Dalam Ibrani 5:12 (AYT) penulis menegur para pembacanya, mengatakan, "Sebab, sekalipun saat ini kamu seharusnya sudah menjadi pengajar, tetapi ternyata kamu masih membutuhkan seseorang untuk mengajarimu lagi tentang prinsip-prinsip dasar mengenai firman Allah. Kamu masih membutuhkan susu, bukan makanan padat." Dia mengharapkan orang-orang percaya ini untuk secara konsisten bertumbuh dalam pengetahuan.

Atau lagi dalam 1 Korintus 14:20 (AYT) Paulus menulis, "Saudara-saudara, jangan menjadi anak-anak dalam pemikiranmu. Jadilah bayi-bayi dalam kejahatan, tetapi dalam pemikiranmu jadilah dewasa." Di sini Paulus menunjukkan kepada kita bahwa adalah tanggung jawab setiap orang Kristen untuk bertumbuh dalam pemikiran mereka tentang Allah.

Oleh karena itu, mereka yang memimpin gereja harus memiliki beban untuk memperlengkapi setiap anggota jemaatnya dengan pengetahuan alkitabiah yang lengkap dan terus bertambah tentang Allah dan jalan-jalan-Nya. Kita para pendeta harus menginginkan setiap orang di gereja kita bertumbuh dalam pengetahuan mereka tentang Kitab Suci, mengembangkan pandangan dunia yang alkitabiah, dan semakin mampu menerapkan Injil ke setiap bidang kehidupan mereka.

2. Pembagian Tugas antara Berkhotbah dan Mengajar

Kedua, di dalam gereja ada, dan harus ada, pembagian tugas antara berkhotbah dan mengajar. Berkhotbah adalah inti dari kehidupan gereja, tetapi itu bukan satu-satunya pelayanan firman yang harus diterima jemaat secara teratur.

Khotbah bertujuan untuk bermegah dalam Allah dan Injil dan mengubah mereka yang mendengarnya. Itu adalah proklamasi, perayaan, dan nasihat. Khotbah didasarkan pada ajaran dan mengandung banyak ajaran, tetapi tujuannya lebih terfokus: khotbah bertujuan untuk menembus hati pendengar dan membawa pertobatan, penghiburan, kegembiraan, ketaatan, dan pujian, semua pada saat orang mendengarnya.

Selain itu, khotbah merupakan monolog yang ditujukan kepada seluruh jemaat. Ini biasanya termasuk orang percaya dan tidak percaya. Dan umat Kristiani yang hadir akan berada dalam berbagai musim kehidupan, panggilan, dan tingkat kedewasaan rohani.

Sebaliknya, mengajar, khususnya dalam konteks sekolah Minggu, memiliki tujuan yang berbeda dan cara yang sedikit berbeda untuk mencapai tujuan tersebut. Meskipun tidak mengabaikan hati, mengajar memberikan fokus khusus pada pikiran. Dan meskipun pengajaran akan melibatkan monolog, itu juga harus menampilkan dialog. Bahkan, itulah salah satu kekuatan terbesar dari lingkup ruang kelas.

Selanjutnya, kelas-kelas sekolah Minggu dapat dipilih sendiri -- sampai taraf tertentu. Jika Anda mengajar kelas tentang mengasuh anak, maka orang tua dan calon orang tua akan menjadi sebagian besar peserta Anda. Mereka yang tertarik akan datang, dan mereka yang tidak tertarik, tidak akan datang. Hal ini memungkinkan Anda untuk mencurahkan lebih banyak perhatian pada suatu topik dan menggali lebih dalam daripada jika Anda berbicara kepada seluruh jemaat.

Suasana yang kurang formal dan lebih terfokus secara intelektual, kemungkinan untuk dialog, dan sifat kelas yang spesifik akan menambah peluang besar untuk membahas topik secara lebih komprehensif daripada yang dibahas di atas mimbar.

Misalnya, pertimbangkan topik yang praktis dan sensitif jika dibahas secara pastoral seperti pengasuhan anak. Jika seorang pendeta berkhotbah menggunakan Kitab Suci, pengasuhan anak kadang-kadang muncul di tempat-tempat seperti Amsal dan Efesus 6. Dan pendeta harus secara teratur memberikan teks lain untuk masalah pengasuhan anak untuk membantu orang tua melihat bagaimana firman Allah mendukung panggilan penting itu.

Namun kemampuan mimbar untuk mengatasi masalah pengasuhan anak terbatas. Akan tidak pantas dan mengganggu jika mempelajari filosofi yang saling bertentangan tentang disiplin atau sekolah di atas mimbar. Lebih lanjut, mode monologis khotbah membatasi kemampuan jemaat untuk mengajukan pertanyaan, menolak, dan mengklarifikasi masalah. Ini adalah langkah-langkah penting dalam proses pembelajaran, terutama ketika berhadapan dengan wilayah abu-abu, isu-isu tingkat kedua, dan hal-hal praktis yang secara umum tidak disetujui oleh orang Kristen.

Jadi, dalam banyak hal kelas sekolah minggu tentang pengasuhan anak dapat menghasilkan lebih dari sekadar rangkaian khotbah. Dan lagi, kelas sekolah Minggu umumnya akan menjadi cara yang lebih tepat untuk membahas topik secara panjang lebar, karena itu hanya relevan secara langsung dengan sebagian jemaat.

Ada juga topik-topik yang merupakan dasar bagi pemuridan dan lebih menuntut secara intelektual yang lebih baik disampaikan dari meja daripada mimbar. Misalnya, pokok bahasan tentang cara mempelajari Alkitab.

Nah, sebuah khotbah yang setia secara alkitabiah mencontohkan cara membaca Alkitab. Seorang anggota gereja yang belajar dengan cermat dari khotbah yang akurat akan belajar banyak tentang bagaimana membaca Kitab Suci dengan cara yang spesifik sesuai konteks dan transformatif secara rohani.

Namun mendengarkan khotbah untuk mempelajari cara membaca Alkitab adalah seperti bermain golf dengan seorang master: Anda sedang melihat produk akhir. Jadi Anda menyerap beberapa kebiasaan dan naluri mereka, tetapi hanya apa yang dapat Anda ambil dengan cara meniru.

Di sisi lain, kelas sekolah Minggu tentang bagaimana mempelajari Alkitab adalah seperti rangkaian pelatihan dengan seorang pegolf ulung. Mereka mengajari Anda teknik yang tepat, memandu Anda melalui permainan langkah demi langkah, mengevaluasi ayunan Anda, dan sebagainya. Mereka membuat Anda sadar akan lusinan faktor yang membuat permainan ini berjalan dengan baik -- hal-hal yang sekarang mereka anggap remeh, tetapi mungkin Anda bahkan tidak pernah memikirkannya. Kursus tentang bagaimana mempelajari Alkitab dapat membahas hermeneutika, genre, terjemahan, dan banyak masalah lain yang umumnya tidak pada tempatnya jika disampaikan dalam khotbah, tetapi itu semua merupakan dasar untuk membaca Alkitab dengan baik. Khotbah mencontohkan pembacaan Alkitab yang baik, tetapi kelas sekolah Minggu melatih orang dalam pembacaan Alkitab yang baik.

Singkatnya, saya menyarankan agar ada pembagian tugas di gereja antara berkhotbah dan mengajar. Pasti ada banyak tumpang tindih antara keduanya, namun mereka memiliki cara dan tujuan yang berbeda. Dan ada topik-topik penting pada ujung spektrum praktis dan intelektual yang dapat dibahas lebih menyeluruh -- dan dengan dampak pastoral keseluruhan yang lebih besar -- di kelas daripada di khotbah.

3. Kalau Bukan Sekolah Minggu, Di mana?

Ketiga, sekolah Minggu cocok untuk membahas topik-topik ini dengan cara yang tidak dilakukan dalam konteks lain, khususnya kelompok kecil.

Tampaknya dewasa ini banyak gereja yang tidak memiliki sekolah Minggu dan bergantung pada kelompok-kelompok kecil yang sama untuk mencapai beberapa tujuan sekaligus. Kelompok-kelompok kecil ini cenderung menggabungkan persekutuan, doa, penjangkauan misi, dan semacam diskusi berdasarkan Alkitab.

Izinkan saya mengatakan sejak awal bahwa kelompok kecil seperti ini memiliki banyak kekuatan, dan saya telah mengalami banyak berkat saat memimpin satu kelompok di rumah saya selama beberapa tahun sampai sekarang. Tetapi dalam hal pemuridan melalui pengajaran alkitabiah, kelompok kecil ini memiliki beberapa kelemahan serius.

Pertama, lingkungan kelompok kecil secara inheren memprioritaskan hubungan daripada pengajaran. Duduk berlutut di sofa di ruang tamu seseorang pada umumnya bukanlah konteks yang kondusif untuk diskusi intelektual serius dengan banyak topik. Sekali lagi, ini bukanlah hal yang buruk, dan konteks ini dapat sangat membantu dalam membangun hubungan, salah satu aspek terpenting dari kehidupan gereja. Tapi kelompok kecil utamanya tidak diarahkan untuk konteks pengajaran.

Khotbah bertujuan untuk bermegah dalam Allah dan Injil dan mengubah mereka yang mendengarnya. Itu adalah proklamasi, perayaan, dan nasihat.


Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Lebih jauh lagi, kelompok kecil hanyalah itu -- kecil. Kekuatan mereka terletak pada keakraban yang lebih besar yang dapat dicapai oleh kelompok yang terdiri dari delapan atau dua belas orang dibandingkan dengan kelompok yang terdiri dari tiga puluh, tujuh puluh lima atau bahkan dua ratus orang yang menghadiri sekolah Minggu dewasa. Jika gereja akan bergantung pada kelompok kecil untuk mengajar pemuridan, maka perlu ada banyak kelompok. Ini berarti bahwa gereja akan membutuhkan banyak orang untuk memimpin kelompok-kelompok ini. Hal tersebut berarti Anda perlu merekrut orang-orang yang kurang berbakat dan berpengalaman untuk menjadi pengajar mereka. Jadi, jika sebuah gereja bermaksud untuk menggunakan kelompok-kelompok kecil untuk menangani masalah-masalah yang serius dan menantang secara teologis seperti perceraian (atau topik-topik yang sulit secara pastoral dan teologis lainnya), maka mereka akan kesulitan menemukan cukup pengajar yang dapat menangani area rumit seperti itu dengan baik.

Di sisi lain, kelas sekolah Minggu dapat dilakukan dalam hampir semua ukuran kelompok dan tetap mempertahankan sebagian besar keunggulannya. Ini berarti semakin sedikit pengajar yang dibutuhkan, dan oleh karena itu, para pengajar yang berbakat dan berkualitas itu dapat menggunakan karunia mereka untuk membangun gereja sebagaimana mestinya.

Oleh karena itu, saya menyarankan bahwa dinamika "ukuran kelompok vs. jumlah pengajar" ini dianggap sebagai keunggulan lain dari sekolah Minggu, dibandingkan dengan menggunakan kelompok kecil sebagai sarana untuk pemuridan berbasis pengajaran. Sekolah Minggu memungkinkan para pengajar yang paling berbakat di gereja untuk melakukan pelayanan yang vital dan memberi kehidupan. Itu melipatgandakan kemampuan penatua dan pengajar berbakat lainnya untuk melayani firman kepada jemaat untuk perkembangan rohani mereka, sambil membahas topik yang kurang efektif jika ditangani dari mimbar monologis.

Jumlah pengajar yang dapat menggali jauh ke dalam firman dan memperlengkapi gereja mengenai masalah-masalah alkitabiah dan teologis yang menantang akan selalu lebih sedikit daripada jumlah mereka yang cukup matang secara relasional untuk memimpin kelompok kecil. Jadi, sekolah Minggu memungkinkan sumber daya gereja yang lebih berharga ini untuk diinvestasikan secara lebih luas dan strategis. Ini memungkinkan sejumlah kecil pengajar berbakat untuk memengaruhi porsi tubuh Kristus yang lebih besar dari minggu ke minggu. Ini menciptakan mesin yang lebih besar dan lebih kuat untuk pemuridan gereja.

Intinya di sini adalah jika bukan sekolah Minggu, lalu di mana? Jika Anda tidak memiliki sekolah Minggu, di mana Anda akan mengajar orang belajar Alkitab? Di mana Anda akan memberi mereka landasan menyeluruh dalam teologi sistematika? Di mana Anda akan membahas seluk beluk mengasuh anak, atau berkencan dan menikah, atau penginjilan?

Saya khawatir ketika gereja meninggalkan sekolah Minggu, beberapa hal ini tidak akan lagi diajarkan kepada jemaat secara menyeluruh. Dan dengan demikian gereja kehilangan kesempatan yang signifikan untuk memperlengkapi jemaat dengan blok bangunan alkitabiah untuk pemuridan yang setia.

PIKIRKAN APA YANG MUNGKIN ANDA LEWATKAN

Untuk semua alasan ini, saya berpendapat bahwa sekolah Minggu adalah alat yang berharga untuk menyelaraskan gereja kita dengan citra Kristus. Sekolah Minggu memberi makan jemaat kita pengetahuan yang mereka butuhkan untuk bertumbuh dalam kehidupan yang saleh. Sekolah Minggu mengintegrasikan dan melengkapi pelayanan mimbar reguler. Dan juga mampu melakukan apa yang tidak bisa dilakukan konteks lain seperti kelompok kecil, yaitu mendorong keterlibatan intelektual yang cermat tentang berbagai hal yang sangat penting untuk pemuridan.

Tujuan saya bukan untuk mengkritik gereja yang tidak mengadakan sekolah Minggu. Saya lebih suka menawarkan undangan untuk memikirkan apa yang mungkin Anda lewatkan. Pertimbangkan bagaimana Anda dapat lebih mampu memperlengkapi gereja Anda untuk pekerjaan pelayanan jika Anda mencurahkan waktu mingguan, selain khotbah, untuk meletakkan landasan intelektual dan praktis yang akan memperlengkapi seluruh jemaat gereja Anda untuk bertumbuh sebagai murid Yesus. (t/Jing-Jing)

Diterjemahkan dari:
Nama situs : 9Marks
Alamat situs : https://9marks.org/article/journalwhy-you-want-sunday-school
Judul asli artikel : Why You Want Sunday School
Penulis artikel : Bobby Jamieson dan Jonathan Pennington